MAKALAH TIK
TENTANG FUNGSI MICROSOFT
EXCEL
DIAJUKAN UNTUK MENAMBAH
NILAI SEMESETER II
TAHUN PELAJARAN 2012-2013
DISUSUN OLEH : KELOMPOK 5
KELAS VIII D
PINI YULIANI
KIKI IKHLAS SARI
MAYA ALMANIAR Z W
IRA NURAENI
INTAN PERMATASARI
SMP NEGERI 2 CIKALONGWETAN
JL. Raya Purwakarta Telp.
022-6970652
Kabupaten Bandung Barat
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan ke hadirat
Allah SWT , shalawat serta salam senantiasa tercurah kapada Rasulullah SAW
beserta keluarga dan sahabatnya Berkat
kudrat dan idarat-Nya akhirnya kami dapat menyelesaikan makalah “Fungsi
Microsoft Excel” ini. Makalah ini merupakan salah satu tugas mata pelajaran
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) SMP Kelas VIII semester II . Dalam kesempatan
ini kami menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah memberikan
bantuan , dorongan , bimbingan dan arahan kepada penyusun . Ucapan terimakasih
tersebut kami sampaikan kepada :
1 . Guru Mata
Pelajaran TIK
2 . Teman –
Teman kelas VIII SMPN 2 CIKALONGWETAN ,dan
3 . Kedua orang
tua kami yang tercinta yang telah memberi dorongan dan semangat sehinga makalah
ini dapat selesai . Dalam makalah ini kami manyadari masih jauh dari
kesempurnaan , untuk itu segala saran dan kritik guna perbaikan dan
kesempurnaan sangat kami nantikan.
Semoga makalah ini dapat bermanfaat
khususnya bagi penyusun dan para pembaca para umumnya.
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI
BAB I PENDAHULUAN
A . latar Belakang
B . Tujuan
C . Sistematika
BAB II PEMBAHASAN
A . Pengertian Microsoft Excel
B . Microsoft Excel Dan Fungsinya
C . Worksheet atau Spreadsheet
BAB III PENUTUP
A . Kesimpulan
B . Saran
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
A . LATAR BELAKANG
Microsoft Excel
(MS-Excel) merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik)
canggih yang paling populer dan paling banyak digunakan saat ini. Excel akan
sangat membantu kita dalam hal menghitung, memproyeksikan, menganalisa dan
mampu mempresentasikan data dalam bentuk tabel dengan berbagai jenis tabel yang
disediakannya, mulai dari bentuk Bar, Grafik, Pie, Line dan banyak lagi. Excel
2000 merupakan pengembangan dari excel versi sebelumnya yang lebih ditingkatkan
fungsinya dan dikonsentrasikan agar spreadsheet ini lebih familiar (mudah
dipakai), lebih fleksibel, lebih mudah diintegrasikan dengan program office
lainnya dan yang tak kalah penting adalah kemampuan untuk langsung berhubungan
dengan internet. Walaupun demikian, Excel 2000 ini akan selalu dikembangkan
oleh pihak Microsoft sehingga akhirnya kita betul-betul dimanja oleh software
Microsoft ini. 2. Memulai Excel 2000 Excel 2000 baru dapat dijalankan apabila
sistem operasi windows telah kita aktifkan. Langkah-langkah memulai bekerja
dengan Excel 2000 sebagai berikut ;
Aktifkan Komputer terlebih dahulu.
Klik tombol Start yang ada pada batang taskbar. Muncul sejumlah menu, pilih Program. Klik Microsoft Excel Tunggu hingga tampil layar Excel 2000 yang
masih kosong. Microsoft Excel siap untuk
digunakan.
B . TUJUAN
Tujuan dalam
panggunaan teknologi informasi dan komunikasi , khususnya yang berkaitan dengan
mocrosoft excel ini , diharapkan :
1 . Lebih
memahami materi Microsoft excel
2 . Tidak salah
dalam menggunakan software Microsoft excel
3 . Dapat
menambah pengetahuan dan wawasan dalam belajar teknologi informasi dan komunikasi
4 . Belajar
bekerjasama yang baik dalam kelompok belajar.
C . SISTEMATIKA
Kata pengantar ,
Daftar isi BAB 1 PENDAHULUAN
A . Latar
Belakang , B . Tujuan , C . Sistematika.
BAB II
PEMBAHASAN
A . PENGERTIAN MICROSOFT EXCEL
Ms. Excel adalah program aplikasi atau
semacam software untuk mengolah suatu angka-angka statistic.Ms. Excel ini
berkemampuan untuk mengolah data dengan rumus, sedang rumus yang dipakai adalah
rumus operator matematika dan rumus fungsi.
Rumus operator merupakan suatu
rumus yang bertujuan untuk perhitungan matematik. Misal : penambahan,
pengurangan, perkalian, pembagian dan lainnya. Sedang rumus fungsi adalah suatu
rumus yang bertujuan untuk menghitung dalam bentuk matematika maupun non
matematika.
Ms Excel ini terbagi menjadi 3
serial, yakni serial 2003, 2007, dan 2010.Karena ada tiga serial, maka cara
penggunaannya pun berbeda. Namun fungsinya tetap sama kok.
Tidak ada salahnya kalian mengenal
terlebih dahulu tentang dasar-dasar MS. Excel. Dalam Ms. Excel, terdapat
workbook dan worksheet. Workbook terdiri dari beberapa worksheet. Sedangkan
Worksheet adalah lembar kerja yang nantinya digunakan untuk mengolah dan
mengorganisasikan data.Worksheet terdiri dari beberapa baris dan kolom. Dan
pertemuan baris dan kolom disebut juga dengan sel. Perlu diketahui juga
bahwa gabungan dari beberapa sel dinamakan Range.
B . MICROSOFT EXCEL DAN FUNGSINYA
sebuah perangkat lunak
yang biasa digunakan dalamperhitungan statistik dan lainnya.
Microsoft
Excell sangat membantu kita dalam menyelesaikan permasalahan yang mudah sampai
dengan yang rumit dalam bidang administratif khususnya.
Kita
dapat dengan mudah membuat rencana penggunaan barang misalnya, ataupun membuat
laporan keuangan khusus yang memerlukan perhitungan2 tertentu serta dengan
menampilkan gambar dan grafik. Maka semua itu dapat di selesaikan dengan
microsoft Excel.
Untuk
lebih mengenalnya, berikut beberapa istilah dalam Microsoft Excel :
1.
Cell : merupakan bagian terkecil dari worksheet yng dapat diisi dengan
jumlah karakter (max. 255 karakter) isi cell dapat berupa value, formula atau
text. Contoh : cell A3, cell D5
2.
Worksheet (lembar Kerja) : merupakan kumpulan dari 256 kolom dan 65536 baris.
3.
Workbook (buku kerja) : merupakan kumpulan dari 256 worksheet (berlabel
sheet1 sampai sheet 256)
4.
Range : merupakan sekelompok cell yang akan mendapataksi sama sesuai
perintah yang anda jalankan. Pemberian alamat/ address dilakukan mulai dari cell
sudut kiri atas sampai cell sudut kanan bawah. Contoh : A46 → range mulai dari
cell A4 sampai cell D6
5.
Alamat Relatif : merupakan alamat yang jika dituliskan kedalam bentuk rumus atau
fungsi akan berubah jika dicopy ke cell lain.
Contoh
: cell berisi formula A5*6 ,B3 dicopy ke C5 formula pada C5 berubah menjadi
B8*6
6.
Alamat Semi Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $
didepan baris atau kolomsehingga nilai tidak akan berubah.
Contoh
: Cell B1 berisi formula $A1*7,B1 dicopy kan ke D5 formula pada D5 menjadi
$A5*7
7.
Alamat Absolut : merupakan alamat yang dituliskan dengan tanda $ didepan baris dan
kolom.tekan tombol F4 untuk menghasilkan alamat absolut pada formula bar.
Contoh : cell B1 berisi formula $A$1&5,B1 dicopy kan ke C3 formula pada C3
menjadi $A$1*5
8.
Name Box : menunjukkan pada cell/ range yang aktif saat itu. Anda dapat juga
membuat nama range melalui kotak nama disebelah kiri formula bar.
Contoh
: Holla nama lain range A5:G7
Selain
itu, ada juga beberapa Fungsi yang sering digunakan didalam microsoft
Excell,diantaranya adalah sebagaiberikut :
1.
fungsi Sum :
Digunakan
untuk menjumlahkan sekumpulan data pada satu range, penulisannya :
=SUM(number1,number2,..)
2.
Fungsi Average :
Digunakan
untuk mencari nilai rata-rata,
penulisannya
: =average(number1,number2,…)
3.
Fungsi Max :
Digunakan
untuk mencari nilai tertinggi dari sekumpulan data, penulisannya :
=max(number1,number2,…)
4.
Fungsi Min:
Digunakan
untuk mencari nilai terendah dari sekumpulan data, penulisannya : =max(number1,number2,…)
5.
fungsi Count :
Digunakan
untuk menghitung jumlah data dari range yang kita pilih
6.
Fungsi Stedev :
Digunakan
untuk menentukan standart devisiasi dari suatu range, penulisannya :
=stedev(number1,number2,…)
7.
Fungsi Var :
Digunakan
untuk menentukan nilai varience dari suatu range, penulisannya :
=var(number1,number2,…)
C
. WORKSHEET ATAU SPREADSHEET
Worksheet atau Spreadsheet atau
Sheet, adalah merupakan lembar kerja elektronik yang di tampilkan dilayar
monitor. Worksheet terdiri dari 256 kolom dan 65.536 baris memuat sejumlah
4.194.304 sel. Worksheet tersebut digunakan untuk menyimpan atau mengola data,
formula, grafik, dan sebagainya.
- Column
Comumn
adalah bagian dari Worksheet yang vertical dan di beri nama dengan huruf adjad
seperti berikut: A,B,C….Z, AA,AB,AC,…AZ, IA,IB,IC….IV, Seluruhnya berjumlah 256
kolom.
- Row
Row
adalah bagian dari Worksheet yang Horizontal diberi nomor dengan angka seperti
berikut: 1,2,3…65.536 dan seluruhnya berjumlah 65.536 baris.
- Cell
Cell
adalah perpotongan dari kolom dan baris misalnya sel A10 adalah merupakan
perpotongan dari A dan baris ke-10.
- Pointer
Pointer
adalah sel aktif, tempat jatuhnya huruf-huruf, angka, formula yang kita
masukan, boleh juga di sebut worksheet cursor.
Misalnya
tempatkan sel di A1, akan terlihat pada sel tersebut berbentuk segi empat
(boder).
Ada
beberapa cara untuk memindahkan cell pointer. Untuk lengkapnya silahkan lihat
table dibawah.
Tabel
V‑1 Tombol – tombol Cara memindahkan Cell Pointer
Tombol
|
Fungsi
|
← ↑ → ↓
|
Pindah
satu sel ke kiri, atas, kanan atau bawah
|
Tab
|
Pindah
satu sel ke kanan
|
Enter
|
Pindah
satu sel ke bawah
|
Shift + Tab
|
Pindah
satu sel ke kiri
|
Shift + Enter
|
Pindah
satu sel ke atas
|
Home
|
Pindah
ke kolom A pada baris yang sedang dipilih
|
Ctrl + Home
|
Pindah
ke sel A1 pada lembar kerja yang aktif
|
Ctrl + End
|
Pindah
ke posisi sel terakhir yang sedang digunakan
|
PgUp
|
Pindah
satu layar ke atas
|
PgDn
|
Pindah
satu layar ke bawah
|
Alt + PgUp
|
Pindah
satu layar ke kiri
|
Alt + PgDn
|
Pindah satu
layar ke kanan
|
Ctrl + PgUp
|
Pindah
dari satu tab lembar kerja ke tab lembar berikutnya
|
Ctrl + PgDn
|
Pindah
dari satu tab lembar kerja ke tab lembar sebelumnya
|
- Range
Range
adalah sauatu daerah pada worksheet umumnya berbentuk segi empat yang merupakan
kumpulan dari beberapa sel.
- Column-Width
Column-Width
adalah lebar kolom.
Kolom-kolom
masing-masing pada saat keadaan awal (baku) atau dikenal dengan istilah
default/standart adalah sebesar 8.43 Lebar Kolom ini bias di ubah sekehendak
kita, tergantung jenis data yang dimasukan.
- Workbooks
Pada
Microsoft Excell 2007, semua file adalah merupakan workbooks. Satu workbooks
disiapkan secara otomatis pada saat menjalankan Microsoft Excell 2007, Pada
satu workbook bias memuat work-sheet, Chart-sheet dan modul Visual Basic.
BAB III
PENUTUP
A . KESIMPULAN
Setelah
disusunnya makalah ini dapat disimpulkan bahwa :
1
. Microsoft Excel termasuk dalam aplikasi spreadsheet atau program
pengolah angka, Microsoft Excel berfungsi Untuk mempermudah pekerjaan dalam penghitungan
data dan lembar kerja Microsoft Excel berbentuk kolom dan baris.
2 . Untuk mengolah angka
dalam Microsoft Excel harus menggunakan Rumus atau Formula, agar
mendapatkan hasil dari input yang diberikan. Formula pada Microsoft Excel juga
berfungsi untuk mengubah hasil data secara otomatis jika ada input data yang
diubah.
3 . Rumus atau Formula dasar Microsoft Excel yang
wajib diketahui bagi seorang pemula dalam menggunakan Microsoft Excel yaitu
semisal Fungsi SUM, Average, Max, Min Count. Berikut ini beberapa fungsi dasar Microsoft
Excel yang umum digunakan dalam formula excel untuk membantu proses
penghitungan data pada aktifitas sehari-hari dalam menggunakan Microsoft Excel
B . SARAN
Betapa pentingnya teknologi informasi dan komunikasi pada
saat ini karena perkembangan yang begitu pesat , penyusun memberikan saran
sebaai berikut : 1 . Adanya jaringan telekomunikasi/jalur telepon ke daerah
dimana sekolah kami berada , agar pihak sekolah bisa menyediakan akses
internet. 2 . Penggunaan perangkat yang ada untuk mendemonstrasikan atau
mempraktekan pengunaan akses internet , misalnya penggunaan modem handphone. 3
.Sebaiknya Guru dalam menjelaskan atau menerangkan materi kepada semua muridnya
lebih jelas atau secara terperinci, supaya semua murid yang mendengarkannya
akan lebih mengerti.
DAFTAR PUSTAKA
http://dedisetiawan.com/pengertian-ms-excel
Tidak ada komentar:
Posting Komentar