Sabtu, 25 April 2015

contoh karya tulis tema penghijauan



AYO , PEDULI LINGKUNGAN !!!
Kiki Ikhlas Sari

Pada tulisan saya kali ini , saya akan membahas mengenai dampak globalisasi disekitar kita . Globalisasi merupakan salah satu masalah besar  yang dihadapi Indonesia maupun dunia yang sampai sekarang masih sangat sulit untuk dikendalikan . Dikarenakan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap lingkungan . Maraknya penebangan hutan secara liar serta polusi dari kendaraan dan pabrik – pabrik Industri merupakan sebagian kecil dari penyebab globalisasi . Sebenarnya sangat mudah untuk meminimalisasikan dampak dari globalisasi tersebut , hanya dibutuhkan kesadaran dari pribadi masing – masing untuk memelihara lingkungan . Namun , yang menjadi hambatannya adalah sulit menumbuhkan kesadaran tersebut masih banyak sekali orang yang tidak mempedulikan hal ini bahkan mungkin jika di presentasikan lebih dari 65% penduduk Indonesia masih belum peduli terhadap lingkungan .
Dampak globalisasi kini kian terasa seiring dengan berjalannya waktu . Ditambah lagi dengan banyak bermunculannya teknologi – teknologi yang canggih namun berdampak besar bagi bumi . Salah satunya adalah banyak bermunculannya kendaraan – kendaraan yang memang bagus namun tidak ramah lingkungan . Tidak heran , kini kemacetan terjadi dimana – mana , tidak hanya di kota – kota besar saja bahkan dikota – kota kecil sekalipun . Hal tersebut dikarenakan kini sudah hampir 80% penduduk Indonesia memiliki kendaraan pribadi sehingga kini sangat jarang sekali orang yang mau naik angkutan umum dalam aktivitas sehari – hari dengan berbagai alasan seperti : lama lah , ini lah , itu lah . Akibatnya , polusi di mana – mana Asap kendaraan maupun industry kini tak asing lagi terlihat oleh mata bahkan sampah – sampah yang mengambang di sungai – sungai besar ataupun diselokan – selokan rumah tangga menjadi pemandangan sehari – hari yang hampir kita temui dilingkungan kita sendiri . Kesadaran akan lingkungan kini menjadi nomor sekian dalam hidup tanpa mempedulikan dampak serta akibatnya bagi kehidupan .
Sungguh miris memang melihat keadaan bumi sekarang ini yang sudah hampir ambruk . Jika dulu kita melihat pohon – pohon rindang dan bunga – bunga bermekaran disekitar kita , kini yang ada hanya gedung – gedung tinggi yang menjulang ke langit serta pabrik – pabrik industry yang setiap harinya mengeluarkan asap tebal yang berdampak buruk bagi lingkungan . kejadian tersebut dikarenakan banyaknya penebangan hutan illegal serta kebakaran hutan yang disebabkan suhu udara terlalu panas atau sengaja dibakar untuk kepentingan komersial semata . Yang akhirnya kini , hutan – hutan sudah semakin berkurang akibat dari perbuatan manusia yang tidak bertanggung jawab tersebut . Tak heran kini bencana alam terjadi dimana – mana seperti longsor , banjir , kebakaran hutan , dll . Hal tersebut merupakan sebagian kecil dari dampak globalisasi . hal tersebut terjadi karena tidak ada akar pohon yang menahan air hujan sehingga terjadilah banjir dan tanah longsor .
Salah satu program pemerintah dalam mengatasi dampak globalisasi yang kini semakin parah adalah reboisasi atau penghijauan . Reboisasi atau penghijauan adalah penanaman kembali hutan yang sudah gundul atau mengganti tanaman – tanaman yang sudah tua dengan tanaman baru . Sulit memang membiasakan diri kita untuk selalu peduli akan lingkungan , tapi jika kita mempunyai tekad yang kuat untuk merubah lingkungan kita yang sudah semakin parah akibat dari dampak globalisasi maka pasti kita akan bisa . Jika sulit memulainya dilingkungan yang luas , kita bisa memulainya dari unit terkecil dulu contohnya lingkungan rumah saja dulu kita bisa memulainya dengan menanam tanaman yang sederhana terlebih dahulu seperti : tanaman bunga atau buah – buahan . Semua akan menjadi kebiasaan jika kita sering melakukannya walaupun awalnya karena terpaksa . Setelah itu barulah kita mulai kelingkungan yang lebih luas misalnya lingkungan masyarakat , lingkungan sekolah dan sebagainya .
 Contohnya dari program pemerintah tersebut adalah gerakan “Bandung Hijau 2006” yang digalakkan dikota Bandung atau sering disebut kota kembang tersebut . Salah satunya adalah P4LH (Pembibitan , Penanaman , Pemeliharaan dan Pengawasan Lingkungan Hidup) yang merupakan salah satu gerakan yang membuktikan keseriusan kota Bandung dalam mewujudkan program pembangunannya di bidang lingkungan hidup yang dikenal dengan “Bandung Hijau 2006” . Adapun gerakan Bandung Hijau 2006 tersebut diantaranya adalah :
1.      Gerakan Cikapundung Bersih
2.      Gerakan Menghemat Air dan Sumur  Resapan
3.      Gerakan Sejuta Pohon / Penghijauan
4.      Gerakan Bandung Berbunga
5.      Gerakan P4LH (Pembibitan , Penanaman , Pemeliharaan dan Pengawasan LIngkungan Hidup)
P4LH adalah satu gerakan dari program pemerintah yang terdiri dari pembibitan , penanaman , pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup . Pembibitan merupakan kegiatan yang dilakukan untuk mendapatkan bibit atau bahan tanaman baru guna perbanyakan tanaman agar kebutuhan terpenuhi dan tanaman tersebut tidak punah . Dimana dalam mendapatkan bibit ada yang dilakukan secara alami tanpa bantuan manusia dan ada yang secara buatan yang dilakukan oleh manusia seperti : okulasi , mencangkok , stek dan penyerbukkan untuk mendapatkan varietas atau jenis tanaman yang baru dan baik seperti yang terjadi pada bunga anggrek . Untuk pemeliharaan tanaman dilakukan lebih intensif setelah bibit mulai tumbuh diantaranya : penyiraman adalah pemberian air sesuai kebutuhan , pemupukkan dilakukan untuk member nutrisi pada tanaman yaitu berupa pupuk organic dan pupuk nonorganic , menghilangkan tanaman pengganggu yang disebut penyiangan , penyulaman yaitu mengganti tanaman yang mati atau rusak dengan tanaman baru yang sehat , dan pemberian pestisida dapat dilakukan bila ada hama yang menyerang tanaman .
Selain hal tersebut masih banyak program pemerintah dalam rangka mengatasi dampak globalisasi contohnya gerakan menanam 1000 pohon yang dilakukan serempak baru – baru ini di hampir seluruh wilayah di Indonesia . Antusiasme pemerintah dalam mewujudkan program pembangunan ini terbukti dengan mulai berubahnya situasi lingkungan beberapa daerah di Indonesia menjadi lebih tertib , bersih , dan indah meskipun baru dalam presentasi yang kecil . Namun , pelaksanaan program ini tidaklah gampang karena keberhasilan dan kelestariannya melibatkan semua warga Indonesia , baik masyarakat , petugas terkait dan pemerintah . Selain itu , yang terpenting adalah adanya keteladanan yang ditunjukkan oleh aparat , ulama , tokoh masyarakat dan pemerintah serta pengawasan yang memadai dari petugas terkait .
Dalam kaitannya dengan P4LH , Pemeliharaan dan pengawasan lingkungan hidup tidak hanya dilakukan pada tanaman tetapi juga pemeliharaan dan pengawasan terhadap lingkungan kita yang lebih luas seperti pemanfaatan energy . Bumi kita ini sangat kaya akan energy tapi bila pemanfaatannya tidak dibatasi dan tidak teratur , energy itu akan habis . Maka , dengan demikian kita harus melakukan pemeliharaan sumber energy dan pengawasan terhadap penggunaannya seperti berusaha menghemat semua bentuk energy yang ada , mengajak orang untuk melakukan hemat energy dan menegur siapa saja yang melakukan pemborosan terhadap energy . Ayo kita budayakan sikap peduli lingkungan untuk menyelamatkan bumi kita dari dampak globalisasi yang kini semakin merajarela .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar